Beasiswa untuk Mahasiswa Indonesia Berprestasi ke Belanda dari Orange Tulip

DIEKY'S BLOG

on Saturday, September 7, 2013 | 8:55:00 AM



Beasiswa Orange Tulip- adalah program beasiswa bagi warga negara Indoensia yang berminat meneruskan sekolah/kuliah. Beasiswa ini berasal dari instansi pendidikan tinggi Belanda, Perusahaan Belanda dan pemerintah Indoensia, bergabung sebagai seponsor untuk membuka lebih banyak kesempatan studi di Belanda. Informasi tentang OTS 2014-2015 akan tersedia bulan November 2013. Info ini diberitahukan untuk putra/putri Indoensia yang berprestasi, rugi jika tidak mencoba kesempatan ini.

Mengapa harus studi di Belanda? Salah satu alasanya adalah pendidikan tinggi di Belanda sudah terkenal berkat kualitasnya yang tinggi dan merupakan lingkungan studi Internasional. Dengan lebih dari 1.700 program dan kursus, dan pendidikan tinggi di Belanda memiliki program pendidikan berbahasa Inggris terbesar di Eropa

Syarat Umum:
  • Warga Negara Indonesia;
  • Memiliki ijazah terakhir dari institusi pendidikan non Belanda;
  • Tidak sedang menempuh studi atau bekerja di Belanda;
  • Tidak pernah menempuh studi atau bekerja di Belanda;
  • Dapat berbahasa Inggris lisan dan tulisan dengan fasih (skor IELTS min. 6.0 atau Internet-based TOEFL min. 80). Mohon diperhatikan bahwa beberapa program studi yang ikut dalam Orange Tulip Scholarship mensyaratkan skor bahasa Inggris yang lebih tinggi.
  • Saat ini sedang menjalani proses pendaftaran atau sudah diterima di salah satu universitas di Belanda peserta OTS;
  • Memenuhi syarat-syarat khusus yang dibutuhkan oleh program studi peserta program Orange Tulip Scholarship.

Dokumen-dokumen Pendaftaran

Kandidat harus mengirimkan dokumen-dokumen berikut ini ke ots@nesoindonesia.or.id (total attachment maks. 2MB) DAN ke kantor Neso Indonesia (Menara Jamsostek Lt. 20, Jl. Gatot Subroto 38 Jakarta 12710):

  1. Formulir pendaftaran OTS yang telah diisi lengkap
  2. CV terbaru (dalam bahasa Inggris)
  3. Motivation letter (dalam bahasa Inggris)
  4. Bukti sedang dalam proses pendaftaran ke institusi yang berpartisipasi (salah satu):
    • Letter of Acceptance (conditional atau unconditional)
    • E-mail dari universitas yang menyatakan telah menerima pendaftaran Anda
    • Konfirmasi telah mengisi formulir pendaftaran online di website universitas
  5. Ijazah pendidikan terakhir (dalam bahasa Inggris dan telah dilegalisir)
  6. Transkrip/rapor pendidikan terakhir (dalam bahasa Inggris dan telah dilegalisir)
  7. Scan/fotokopi skor bahasa Inggris (TOEFL iBT atau IELTS)
  8. Scan/fotokopi skor GMAT/GRE (hanya untuk program studi yang membutuhkan)
Batas waktu penerimaan berkas pendaftaran adalah 1 April 2014.

PENTING:
Ini adalah checklist umum. Setiap skema/program studi memiliki persyaratan masing-masing. Harap membaca penjelasan di tiap skema.

Proses seleksi dapat dibagai menjadi tahapan-tahapan berikut.
Tahap 1
Penerimaan berkas dan pra-seleksi oleh Neso Indonesia
Berdasarkan persyaratan umum yang tertera di halaman depan dan persyaratan khusus yang ditetapkan oleh sponsor Orange Tulip Scholarship, Neso Indonesia akan melakukan pra-seleksi. Hanya berkas yang lengkap dan memenuhi semua persyaratan yang akan diteruskan ke universitas atau perusahaan atau Kementerian untuk diproses lebih lanjut.
Tahap 2
Review berkas pendaftaran dan seleksi oleh sponsor Orange Tulip Scholarship
Masing-masing sponsor Orange Tulip Scholarship (universitas, perusahaan, Kementerian) akan menyeleksi berkas pendaftaran yang lolos tahapan pra-seleksi. Tahap ini dilakukan secara internal oleh pihak sponsor.
Tahap 3
Pengumuman penerima beasiswa
Tiap sponsor Orange Tulip Scholarship akan menginformasikan hasil seleksi kepada Neso Indonesia. Neso Indonesia lalu akan mengirimkan Offer Letter kepada kandidat yang lolos seleksi sponsor. Apabila kandidat menerima tawaran beasiswa, maka Offer Letter harus ditanda tangani dan dikembalikan ke Neso Indonesia. Offer Letter yang telah ditanda tangani kandidat akan dikirimkan oleh Neso Indonesia kepada pihak sponsor. Langkah selanjutnya (contoh: perjanjian beasiswa, tuition fee invoice, dll) akan dilakukan antara pihak sponsor langsung dengan penerima beasiswa.
Kandidat cadangan (waiting list) dan kandidat yang tidak lolos seleksi sponsor (unsucessful candidate) akan menerima e-mail notifikasi dari Neso Indonesia. Jenjang yang bisa diambil adalah jenjang Bachelor atau Master. A
Jenjang yang bisa diambil adalah jenjang Bachelor atau Master. Anda bisa menerima beasiswa ini jika anda tidak pernah studi atau bekerja di Belanda. Anda bisa mendaftar di Universitas yang sudah terdaftar di Sini. Batas waktu pendaftaran Orange Tulip Scholarship untuk tahun akademik 2014-2015 adalah 1 April 2014. Berkan harus dikirim dalam bentuk softcopy dan hardcopy.
Berkas softcopy:
  • dalam bentuk Word atau PDF
  • tiap file diberi nama jelas dalam bahasa Inggris: [document name] – [applicant's name]. Contoh: IELTS score sheet – Nyimas Fitriani
  • total seluruh attachment maksimal 2MB
  • dikirimkan melalui e-mail ke ots@nesoindonesia.or.id dengan subyek e-mail: OTS 2014-2015 Application – [skema] – [nama Anda]. Contoh: OTS 2014-2015 Application – Duisenberg school of finance – Nyimas Fitriani

Berkas hardcopy:
  • seluruh dokumen dimasukkan ke dalam map plastik bening sebelum dimasukkan ke dalam amplop coklat
  • dikirimkan ke alamat kantor Neso Indonesia di: Menara Jamsostek lt. 20, Jl. Gatot Subroto 38, Jakarta 12710
**) Anda sendiri tetap harus mengurus proses pendaftaran ke salah satu program studi di perguruan tinggi Belanda.

Anda bisa memulai mendaftar OTS sekarang, Tapi diingat bahwa anda wajib menyerahkan surat penerimaan(Letter of Acceptance) dari universitas sebelum deadline OTS(umumnya 1 April 2014). Pengumuman, Setelah Neso Indonesia menerima informasi hasil seleksi OTS dari pihak sponsor (universitas/perusahaan/Kementerian), Neso Indonesia akan mengirimkan e-mail kepada Anda.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan, harap menghubungi
t. (021) 5290-2172
e. ots@nesoindonesia.or.id

atau Anda bisa juga datang ke kantor Neso Indonesia di
Menara Jamsostek lt. 20
Jl. Gatot Subroto 38
Jakarta 12710



/[ 0 comments Untuk Artikel Beasiswa untuk Mahasiswa Indonesia Berprestasi ke Belanda dari Orange Tulip]\

Post a Comment