LANGKAH JITU PERSIAPAN MENGHADAPI SBMPTN

DIEKY'S BLOG

on Tuesday, May 14, 2013 | 1:12:00 AM


Sebuah harapan pasti ada, namun Tuhanlah yang menentukan. Mungkin pepatah inilah yang bias menjadi acuan kita bersama untuk meraih suatu harapan. Manusia hanya mampu berusaha. Tiga tahun telah kita lewati bersama, dengan segudang kenangan yang pasti tak dapat akan bias dilupakan. Ya, SMA! Inilah masa yang paling indah yang pernah kita alami. Selepas lulus dari tingkat ini apa yang akan kita lakukan? Nah inilah yang menjadi pertanyaan besar yang baggiku cukup sulit tuk di cari tahu jawabanya. Apakah kita mau kerja? Mungkin bisa, tapi Ijazah SMA bias buat apa. Pemerintah memang adil, barang siapa yang mau masuk SMA masa depanya akan diarahkan untuk melanjutkan study ke perguran tinggi. Tapi tak menutup kemungkinan untuk langsung kerja. Klo pengen langsung siap kerja ya SMK lah tempatnya. Tapi menurutku SMA sama SMK tuh sama aja, sama-sama untuk mencari ilmu. Iya nggak?. Malah ngomongin apa lagi nih….
Yah langsung aja deh kali ini Burhan akan sedikit berbagi tentang tips dan  trik menghadapi tes SNMPTN tulis, alias SBMPTN. Sebelumnya baca dengan teliti setiap pointnya ya.
TIPS SEBELUM HARI KE 1 SBMPTN

  • ·         Jangan lupa untuk survei tempat SBMPTN minimal 2 atau 1 hari sebelum test. Hal teknis ini jangan dianggap sepele.  Ambil risiko terburuk yaitu ketika mendapatkan meja atau tempat duduk yang kurang memadai. Jadi, siapkan dirimu semaksimal mungkin.
  • ·         Dan pada malam hari sebelum test SBMPTN, tetaplah belajar agar tidak kehilangan ritme mengerjakan soal, tetapi  jangan terlalu banyak. Usahakan istirahat yang cukup untuk menenangkan pikiran, agar besoknya bisa segar.
  • ·         Jangan makan makanan yang rawan buat kesehatanmu, jangan sampe ketika kamu mau mengerjakan tiba-tiba kebelet kebelakang. Pastinya akan sangat menganggu konsentrasi. So makanlah makanan yang aman dan secukupnya saja.
  • Mintalah doa dan restu dari orang-orang yang ada di sekitar anda, terutama kedua orang tua kita

Siapkan “senjata-senjata” berikut :

  • ·         Minimal 4 mata pensil 2 b yang siap pakai,
  • ·         bisa dengan menyerut  2 ujung pensil 2b. Serut pensil jangan terlalu lancip, tapi serutlah tumpul dan serut sedemikian rupa hingga pensilmu bisa menghasilkan lingkaran penuh dengan cepat.
  • ·         penghapus yang bersih,  penggaris, pulpen,  tissue/saputangan, alas tulis, jam tangan, air minum.
  • ·         Kartu ujian-nya dan syarat lain seperti SKHU JANGAN SAMPAI lupa
  • Jangan bawa yang aneh-aneh ya!

TIPS HARI KE 1 SBMPTN
Persiapan

  • ·         Kalau bisa datang jangan terlalu kepagian atau terlambat. Kalau  kepagian kita bisa bosan menunggu lama, kalau telat kita juga nggak  tenang ngerjain soal. Dalam hal ini, sebaiknya kamu mengajak ngobrol teman yang baru kamu kenal agar kamu bisa mengatasi kebosanan dan pikiran bisa lebih rileks.
  • ·         Waktu optimalnya kira-kira 15 menit sebelum masuk.
  • ·         Masuklah ruangan dengan berdoa lebih dahulu
  • ·         Yakinlah bahwa kamu telah mengisi form nama, nomor ujian dan kode soal dengan benar.
  • ·         Jangan lupa periksa berulang- ulang.
  • fokus dan konsentrasi

Saat mengerjakan

  • ·         Ketika kamu memperoleh soal, hal pertama yang harus kamu lakukan dan tidak boleh sampai kelupaan adalah mengisi KODE SOAL yang ada di naskah ke LJK.
  • ·         Bukalah soal perlahan halaman demi halaman untuk memeriksa apakah ada halaman yang rusak, sembari melihat soal dan mencermati kira-kira mana yang kamu bisa kerjakan dan mana yang tidak.
  • ·         Kerjakanlah  soal yang kamu anggap paling mudah terlebih dahulu baru meningkat ke  yang sedang kemudian yang sulit.
  • ·         Untuk mengerjakan soal-soal hitungan, pertama bukalah klip pada naskah  soal, kemudian pisahkan satu-satu per mata pelajaran, jepit dengan  klip/penjepit kertas yang telah kamu siapkan, nah, misalnya untuk  mengerjakan soal fisika, dapat menghitung/mencoret-coret pada belakang  naskah soal pelajaran lainnya. Lebih mudah khan?? Tapi hal ini agak memakan waktu, jadi pikirkan dulu kalau mau memakai cara ini.
  • ·         Jangan terlalu asyik dengan 1 soal saja, kalau kelihatannya sudah tidak ada bayangan atau kalo dipaksa mengerjakan kelihatannya lama segera tinggalkan saja. Bisa jadi masih banyak soal lain yang lebih mudah.
  • ·         Dalam menghitamkan LJK, Untuk mempersingkat waktu, kamu bisa gunakan strategi tiap sebelum kamu balik lembar soal, saat itu kamu pindahkan jawabanmu ke LJK. Atau kamu sisakan waktu minimal 15 menit untuk  memindahkan jawaban ke LJK.
  • ·         Manfaatkan waktu-waktu “injury time”(ketika pengawas sudah memerintahkan berhenti mengerjakan)  untuk mengecek terakhir kebenaran form nama, nomor dll serta jawaban pada lembar jawaban komputer.
  • ·         Jangan terburu-buru tapi juga jangan membuang waktu. Hindari pekerjaan yang membuang waktu misalnya menyerut pensil, dsb. Rugi....

Setelah Mengerjakan Hari 1

  • ·         Hindari ajakan teman untuk membahas soal atau mengungkit-ungkit tentang SBMPTN, karena akan sangat mengganggu “jiwa” kita. Kecuali kalau kamu sudah “kebal” seperti saya. hehe
  • ·         Kalau memang kamu tipe orang yang bisa menata hati dengan baik, sebaiknya atur strategi dan target untuk hari ke 2. Caranya dengan menghitung nilai mentahmu yang kamu dapat di hari pertama (benar x 4, salah x -1). Biasanya pada hari pertama setelah tes, sore atau malamnya sudah beredar kunci jawaban untuk soal hari pertama. Dari hasil perhitunganmu itu, tentukan target yang ingin kamu peroleh dihari ke 2.
 STRATEGI Hari ke 2 SBMPTN
Misal:
Passing grade PTN tujuan = 55%
Hasil Hari pertama Nilai TPA = [ B(55)x4] + [S(10)x -1 ]= 210 Nilai K. Dasar =   [ B(26)x4] + [S(10)x -1 ]= 95
PG hari 1 = [Nilai TPA(210)/300]  30 % + [Nilai Dasar(95]/180] 30% = 36,83 %

So untuk mencapai batas aman kamu harus dapet sekitar 19% dari 40% poin tersisa.

Target hari 2
Needs --> [240 (total poin hari 2) /40% ] 19% = 114 poin = 29 soal benar

Jadi target : Math IPA = 7 soal benar ; Fisika = 7 soal Benar ; Biologi =  8 soal benar ; Kimia = 7 soal benar

Dengan begini kamu jadi bisa tahu, seberapa banyak kira-kira soal di hari kedua yang kamu butuhkan untuk tembus di PTN tujuanmu.
             Nah ini tadi sedikit tips lah buat menghadapi SBMPTN. Akhirnya semoga kita semua yang mau bersungguh-sungguh buat mengerjakanya bisa dapat hasil yang memuaskan n bisa lolos PTN pilihan kita.. serahkan semuanya kepada Allah. Insya Allah barakah.. barakallah.. pesan Burhan terakhir Jangan CURANG ya!!!


/[ 0 comments Untuk Artikel LANGKAH JITU PERSIAPAN MENGHADAPI SBMPTN]\

Post a Comment